Monday, February 24, 2020, 08:07

Hari raya Idul Adha menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh kaum muslimin. Pada hari tersebut orang yang biasanya tidak mampu membeli daging, dapat memperoleh daging dengan cuma-cuma. Bahkan tidak tanggung-tanggung, mereka dapat memperoleh banyak sekali daging kurban dari berbagai tempat. Inilah salah satu hikmah, mengapa berkurban disyariatkan oleh Islam. Karena saat hari kurban seluruh kaum muslimin dalam kondisi yang sama, yaitu dapat menikmati daging kurban.

 

Kondisi saat ini memang cukup berbeda dengan kondisi berkurban pada tahun-tahun sebelumnya. Jika jaman dulu yang dapat berkurban hanya orang-orang yang benar-benar mampu, sekarang semua orang, meski dari ekonomi menengah pun dapat berkurban. Banyaknya situs jual hewan kurban online  juga menjadi salah satu kemudahan yang membuat orang semakin mudah membeli hewan kurban online.


Hukum Berkurban dalam Islam


Dalam Islam berkurban memang sunnah tetapi sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Dan menunaikan ibadah kurban lebih utama daripada bersedekah. Sehingga bagi Anda yang mampu untuk berkurban, tidak ada salahnya untuk melakukan ibadah kurban. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat merutinkan ibadah kurban tersebut setiap tahun.

 

Keutamaan Orang yang Berkurban


Orang yang berkurban memiliki beberapa keutamaan. Hal ini dikarenakan ibadah kurban memiliki banyak hikmah yang baik di dalamnya. Orang yang berkurban dengan ikhlas dan mengharap pahala dari Allah akan mendapat ridho Allah. Tentu saja ridho Allah ini adalah sesuatu yang harus diraih oleh seluruh kaum muslimin. Dan jika Anda berkurban Anda bisa mendapatkan ridho Allah serta pahala dari berkurban.


Jangan sekali-kali Anda mengotori ibadah kurban dengan niatan riya, ingin dilihat mampu berkurban. Karena ini akan membatalkan ridho Allah kepada Anda. Dan justru membuat Allah murka dan tidak menerima amalan kurban Anda. Senantiasa luruskan niat Anda saat hendak berkurban agar kurban Anda tidak sia-sia.

 

Mensiasati Agar Dapat Berkurban


Berkurban bagi setiap muslim memang hanya sunnah itu pun bagi yang mampu. Tetapi tidak ada salahnya jika menyisihkan sedikit uang setiap bulanannya untuk menabung hewan qurban meski mungkin tidak termasuk orang yang kaya raya.


Memang untuk membeli hewan kurban setidaknya membutuhkan uang minimal tiga jual rupiah untuk seekor kambing. Dan tentu bagi orang yang tidak selalu dalam keadaan lapang, untuk mendapatkan uang sebanyak itu di hari raya Idul Adha bukan hal yang mudah. Itulah mengapa, jika memang sudah berniat untuk berkurban, Anda harus menyisihkan uang dari jauh-jauh hari. Sehingga saat hari kurban, Anda sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli hewan kurban.


Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat sudah berniat untuk berkurban adalah menentukan hewan kurban apa yang akan Anda beli.


Ada beberapa jenis hewan kurban yang biasanya dijadikan hewan kurban di Indonesia yaitu, sapi, kambing dan domba. Dari ketiga hewan tersebut harga kambing dan domba memang yang paling murah. Sehingga tidak heran jika banyak para shohibul kurban yang berkurban dengan kambing atau domba.


Tetapi biasanya kambing memang lebih umum dijual ketimbang domba. Selain karena kebiasaan orang yang lebih suka memakan daging kambing, beberapa orang juga kurang menyukai bau daging domba yang kadang kurang sedap.


Setelah Anda menentukan hewan yang akan Anda pilih untuk dikurbankan. Anda dapat mencari-cari referensi harga jual hewan kurban online. Mengapa mencari harga jual hewan kurban secara online? Karena ini yang paling mudah Anda lakukan untuk mensurvey dan menentukan berapa uang yang harus Anda tabung.


Misalkan, jika Anda berniat untuk berkurban sapi, pastikan harga jual sapi kurban yang Anda lihat sudah update. Anda juga dapat melebihkan sedikit target dari harga jual hewan kurban online yang Anda lihat untuk antisipasi kenaikan harga.


Cari Yang Jual Hewan Kurban Online dengan Metode Cicilan


Untuk beberapa orang, membeli hewan secara langsung cukup berat. Apalagi dengan harga hewan kurban yang jutaan. Akan lebih mudah jika Anda mencicilnya sedikit demi sedikit. 


Menabung sendiri terkadang lebih susah dilakukan, karena jika saat Anda butuhkan, Anda akan mengambil dana tersebut untuk kebutuhan saat itu. Padahal, jika seperti ini, maka sampai kapan Anda bisa mengumpulkan uangnya untuk beli hewan kurban.


Akadbaiq hadir dengan penawaran yang cukup menarik, membantu Anda untuk bisa berkurban dengan mudah. Cara yang ditawarkan oleh Akadbaiq dalam jual beli kambing online adalah dengan memberikan metode cicilan yang bisa dicicil beberapa kali sebelum hari H-0 kurban datang.


Misal ambil contoh salah satu paket kurban kambing dari Akadbaiq, yaitu Paket Kambing Grade A dengan harga Rp3.600.000, bobot kambing 36-40 kg. Banyak cicilan yang diberikan oleh Akadbaiq adalah 6 kali. Maka tiap bulan Anda bisa menyetor uang sebanyak Rp600.000 ke Akadbaiq. Dan di bulan yang ke-6, cicilan Anda lunas.


Untuk Rp600.000 tiap bulan rasanya tidak begitu berat. Caranya mudah, Anda bisa menyisihkan uang sebanyak 20 ribu tiap harinya. Sebulan akan genap Rp600.000. Sangat mudah dan ringan jika Anda benar-benar konsisten dalam menabung 20 ribu per harinya.


Jika Anda ingin yang lebih murah, Anda bisa Paket Kambing Grade C dengan bobot kambing 25-30 kg dengan harga Rp2.730.000. Anda bisa mencicilnya sebanyak 6 kali dengan masing-masing cicilan Rp455.000.


Berikut ini adalah daftar harga hewan kurban yang ditawarkan oleh Akadbaiq:


Paket Cicilan untuk Hewan Kambing

 

KAMBING GRADE A

Bobot 36-40 KG. Harga Rp. 3.600.000. Tabungan: Rp.600.000 x 6.


KAMBING GRADE B

Bobot 31-35 KG. Harga Rp. 3.150.000. Tabungan: Rp.525.000 x 6.


KAMBING GRADE C

Bobot 25-30 KG. Harga Rp. 2.730.000. Tabungan: Rp.455.000 x 6.

 

Paket Cicilan untuk Hewan Sapi

 

SAPI GRADE A

Bobot 375-400 KG. Harga Rp. 24.000.000. Tabungan 1 Sapi: Rp.4.000.000 x 6.


SAPI GRADE B

Bobot 325-350 KG. Harga Rp. 21.000.000. Tabungan 1 Sapi: Rp.3.500.000 x 6.


SAPI GRADE C

Bobot 290-316 KG. Harga Rp. 19.000.000. Tabungan 1 Sapi: Rp.3.170.000 x 6.


SAPI GRADE D

Bobot 257-282 KG. Harga Rp. 17.000.000. Tabungan 1 Sapi: Rp.2.840.000 x 6.


SAPI GRADE E

Bobot 225-250 KG. Harga Rp. 15.000.000. Tabungan 1 Sapi: Rp.2.500.000 x 6.

Harga yang tercantum di atas sudah termasuk biaya perawatan dan pengiriman hewan kurban. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dikenakan biaya tambahan. Semua biaya jadi satu. Selain itu, Anda bisa membayar cicilan melalui banyak metode pembayaran, seperti transfer antar bank, virtual account, maupun dompet digital seperti GoPay. Jual beli sapi online dengan mudah dan amanah? Percayakan di Akadbaiq.


No comments yet.
(*) Required fields
Kebijakan Privasi | Blog | Syarat dan Ketentuan

(c) akadbaiq 2019, All Rights Reserved
Hit counter: 122115